PERAN KECAMATAN DI DESA

  • Jumat, 09 Juli 2021 - 07:47:23 WIB
  • zulkarnain
PERAN KECAMATAN DI DESA

Ada seorang rekan yang bertanya “Pak, tugas kecamatan secara teknis di desa seperti apa sih?”. Selanjutnya dia terdiam, namun sebelum saya menjawab, sambil memperbaiki posisi duduknya “ Kadang – kadang kalau ke desa kita bingung pak “ tukasnya lagi. 

Saya terdiam, pertanyaan itu cukup membuat saya mencoba mencari tahu seperti apa sih peran Kecamatan secara teknis didalam penyelenggaraan pemerintahan Desa.

Di Undang – undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah pasal 224 ayat (1) huruf (g) menyatakan tugas camat membina dan mengawasi penyelenggaraan kegiatan Desa dan/atau kelurahan. Hal senada juga tercantum dalam Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2018 menyatakan bahwa Kecamatan atau yang disebut dengan nama lain adalah bagian wilayah dari daerah Kabupaten/Kota yang dipimpin oleh Camat. Tugas Camat dalam memimpin Kecamatan tercantum dalam pasal 10 Peraturan Pemerintah tersebut, salah satu tugas Camat adalah membina dan mengawasi penyelenggaraan pemerintahan desa sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang mengatur desa (pasal 10 huruf (g)).

Oleh karena itu, kita perlu melihat kembali peraturan – peraturan yang telah diterbitkan yang berkaitan dengan desa. Yang pertama, tentu saja yang harus kita lihat adalah Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Pada bab XIV pasal 112 ayat (1) disebutkan bahwa Pemerintah, Pemerintah Daerah Provinsi, dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota membina dan mengawasi penyelenggaraan Pemerintahan Desa dan pada ayat (2) menyatakan bahwa Pemerintah, Pemerintah Daerah Provinsi, dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota dapat mendelegasikan pembinaan dan pengawasan kepada perangkat daerah. Nah, di Kabupaten Lombok Timur pelimpahan sebagian kewenangan Bupati kepada Camat untuk melaksanakan sebagian urusan Pemerintahan Bupati yang menjadi kewenangan daerah tertuang dalam Surat Keputusan Bupati Nomor:188.45/369/PEM/2017.

Sudah makin jelas kan?.. untuk lebih jelasnya lagi mari kita membuka Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2016 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014.  Pada bab XI pasal 154 ayat (1) menyebutkan Camat atau sebutan lain melakukan tugas pembinaan dan pengawasan Desa dan pada ayat (2) disebutkan bahwa pelaksanaan pembinaan dan pengawasannya melalui : a). fasilitasi penyusunan peraturan Desa dan peraturan  kepala Desa; b). fasilitasi administrasi tata Pemerintahan Desa; c). fasilitasi pengelolaan keuangan Desa dan pendayagunaan aset Desa;  d).fasilitasi penerapan dan penegakan peraturan perundang-undangan; e). fasilitasi pelaksanaan tugas kepala Desa dan perangkat Desa; f). fasilitasi pelaksanaan pemilihan kepala Desa; g). fasilitasi pelaksanaan tugas dan fungsi Badan Permusyawaratan Desa; h). rekomendasi pengangkatan dan pemberhentian perangkat Desa; i). fasilitasi sinkronisasi perencanaan pembangunan daerah dengan pembangunan Desa; j). fasilitasi penetapan lokasi pembangunan kawasan perdesaan; k). fasilitasi penyelenggaraan ketenteraman dan ketertiban umum; l). fasilitasi pelaksanaan tugas, fungsi, dan kewajiban lembaga kemasyarakatan; m). fasilitasi penyusunan perencanaan pembangunan partisipatif; n). fasilitasi kerja sama antar-Desa dan kerja sama Desa dengan pihak ketiga; o). fasilitasi penataan, pemanfaatan, dan pendayagunaan ruang Desa serta penetapan dan penegasan batas Desa; p). fasilitasi penyusunan program dan pelaksanaan pemberdayaan masyarakat Desa; q). koordinasi pendampingan Desa di wilayahnya; dan r). koordinasi pelaksanaan pembangunan kawasan  perdesaan di wilayahnya.

Jadi, tugas kecamatan di dalam penyelenggaraan pemerintahan desa adalah fasilitasi dan koordinasi. Fasilitasi berasal dari kata facil yang bermakna ‘memudahkan’. Artinya bahwa pelaksanaan tugas Camat harus dapat memudahkan pemerintah desa dalam menyelenggarakan pemerintahannya yang tentu saja harus sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Sedangkan Koordinasi adalah proses pengaturan, memadukan atau pengintegrasian kepentingan bersama untuk mencapai tujuan bersama secara efesien dan efektif. 

Setelah melihat dan membaca beberapa sumber yang saya sebutkan diatas dengan sedikit sombong saya berkata “ Baca ini..! sebagai perangkat kecamatan yang baik mari kita belajar, agar kita dapat membantu dan memudahkan tugas – tugas desa untuk mencapai tujuan pembangunan desa)*, he..he..he..”.

)* Pembangunan Desa adalah upaya peningkatan kualitas hidup dan kehidupan untuk sebesar - besarnya kesejahteraan masyarakat Desa

  • Jumat, 09 Juli 2021 - 07:47:23 WIB
  • zulkarnain

Berita Terkait Lainnya