PERTEMUAN RUTIN TP-PKK SAKRA

  • Jumat, 16 Juli 2021 - 10:06:15 WIB
  • zulkarnain
PERTEMUAN RUTIN TP-PKK SAKRA

Jumat (16/7/2021) bertempat diaula Kecamatan Sakra dilaksanakan Pertemuan Rutin yang beragendakan arisan bulanan PKK Kecamatan Sakra yang dirangkaikan dengan Sosialisasi hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-IX PKK Tahun 2021.

Acara yang dihadiri oleh Pengurus TP-PKK Kecamatan Sakra dan Ketua Pengurus TP-PKK Desa se - Kecamatan Sakra yang diawali dengan do’a dan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta Mars PKK merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh TP-PKK kecamatan Sakra sebagai bagian dari kordinasi dan silaturahmi seluruh pengurus Kecamatan dan Desa.

Dalam sambutannya, AHMAD SUBHAN, SH selaku Camat Sakra menyampaikan terima kasih bahwa acara yang dilaksanakan pada hari ini tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Selain itu terima kasih disampaikan atas peran TP-PKK dalam mendukung upaya pemerintah dalam menyukseskan program pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) “ Pada akhir bulan juni lalu Kecamatan Sakra mendapatkan penghargaan berkaitan program pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) yang diserahkan langsung oleh Bapak Bupati dan tidak semua Kecamatan mendapatkan penghargaan itu” ungkapnya.

Camat Sakra kembali menegaskan kembali terkait dengan penyebaran Covid-19 terutama di wilayah Kecamatan Sakra “Sampai dengan saat ini di Kabupaten Lombok Timur telah terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 1.717 orang. 1.697 orang dinyatakan sembuh, 48 orang meninggal dunia dan 22 orang pada saat ini masih menjalani perawatan. Sebagai tambahan, tadi malam dalam data terbaru 10 orang dinyatakan positif termasuk dari Kecamatan Sakra dan dinyatakan sembuh sebanyak 1 orang” lanjutnya.

Oleh karena itu, melalui acara ini Camat Sakra tetap menghimbau untuk lebih disiplin menerapkan pola hidup sehat dan bebas Covid-19 dengan 7 M, Memakai masker standar dengan benar, Mencuci tangan, Menjaga jarak, Mengurangi bepergian, Meningkatkan imun dan Mentaati aturan serta jika terpaksa keluar rumah agar Menghindari Kerumunan.  

Selain itu, pelaksanaan Vaksinasi telah mulai dilakukan oleh Pemerintah melalui Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang ada “ Pesan bupati dalam rapat kordinasi virtual beberapa waktu lalu agar vaksinasi dilaksanakan di tempat yang tidak mengganggu pelayanan publik lainnya, seperti di Kantor Camat, sekolah atau fasilitas lain yang ada di kecamatan dan secara umum telah kami laksanakan di Aula Kantor Camat Sakra, tetapi tidak dapat kami jadwalkan setiap hari karena ketersediaan vaksin yang terbatas”.

Camat Sakra juga menyampaikan perkembangan pelaksanaan posyandu di Kecamatan Sakra yang harus menjadi atensi khusus dari TP-PKK karena pada saat ini di Kecamatan Sakra sudah seluruh Posyandu yang berjumlah 83 posyandu telah menjadi Posyandu Keluarga. Camat Sakra juga mengharapkan Pokjanal Kecamatan dan Pokjanal Desa lebih aktif melaksnakan fasilitasi dan penyuluhan di desa dan berharap bahwa Posyandu dapat terintegrasi dengan PAUD HI seperti di Desa Rumbuk.

Diakhir sambutannya Camat Sakra memacu semangat para Pengurus TP-PKK “ Tetap semangat pada pengabdian kepada Negara tanpa melalaikan kewajiban pada keluarga sehingga semua seimbang, keseimbangan yang akan membawa kebaikan atau manfaat bagi kita semua”.

Setelah sambutan Camat, acara dilanjutkan dengan sosialisasi hasil Rakernas ke-IX PKK tahun 2021 yang materinya disampaikan oleh Ibu Susianti Fajri selaku Sekretaris TP-PKK Kecamatan Sakra. Di dalam penyampaiannya, Rakernas ke-IX PKK tahun 2021 telah mengubah struktur kepengurusan di TP-PKK Kecamatan dan Desa. Terlihat dari adanya struktur Wakil Ketua yang berkurang. Terkait program kerja TP-PKK, akan mengikuti hasil Rakernas sehingga pola koordinasi dan fasilitasi nantinya akan sesuai antara PKK Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan dan Desa.

 

  • Jumat, 16 Juli 2021 - 10:06:15 WIB
  • zulkarnain

Berita Terkait Lainnya